Selasa, 23 Oktober 2012

Cara merawat laptop yang benar


Cara merawat laptop dengan benar atau how to care for the right laptop
Laptop sekarang telah menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Apalagi dengan banyaknya jenis-jenis laptop yang memiliki harga miring dengan kualitas ‘OK’ dan laptop juga lebih simple dibanding PC. Hal ini tentu akan mendorong masyarakat untuk mengetahui lebih lanjut tentang laptop. Namun, cara merawat laptop pun juga harus diperhatikan oleh para pemilik laptop. Saya punya beberapa tips agar laptop anda awet dan tidak mudah rusak :
1. Jangan mendownload software-software gratis yang disediakan di internet. Software gratisan tersebut biasanya mengandung unsur virus di dalamnya. Virus adalah musuh besar bagi para pengguna laptop. Maka dari itu, downloadlah software yang terpercaya walaupun tidak gratis atau gunakan saja software asli dari laptop yang anda beli.
2. Jangan minum di dekat laptop. Apabila terjadi kecelakaan minum anda tumpah ke laptop, proses kerja laptop akan konslet dan laptop akan berjalan tidak normal.
3. Jangan menaruh laptop anda di tempat-tempat yang empuk seperti kasur, sofa, dsb. Hal ini juga akan menghambat sirkulasi udara dan laptop akan mudah panas karena udara tidak bisa keluar.
4. Jagalah kebersihan laptop dengan mengelap dan membersihkan debu-debu yang menempel di laptop.
5. Rawat dengan baik baterai laptop anda. Isi penuh baterai anda, setelah terisi penuh lebih baik baterai dilepas dan gunakan laptop tanpa baterai (menggunakan listrik). Gunakan baterai laptop tersebut untuk hal darurat saja, misalnya saat mati lampu, atau saat anda ingin menginap di hutan yang tidak ada colokan listriknya.
6. Lindungi keyboard anda dengan keyboard protector agar terhindar dari debu-debu yang bertebaran.
7. Rawat monitor dengan memberi screen guard supaya monitor tidak gampang tergores.
8. Gunakan kipas laptop pada saat laptop sedang dalam kondisi bekerja agar sirkulasi udara laptop bisa lancar dan tidak mudah panas. Hal ini akan membuat processor laptop anda akan merasa nyaman.
9. Jangan menaruh laptop sembarang. Misalnya di lantai, hal ini untuk mengurangi resiko terinjak. Kalau sudah terinjak jangan salahkan yang nginjak loh.. hahaha..
10. Masukkan ke dalam tas laptop jika ingin dibawa bepergian agar laptop aman dari goresan barang-barang lainnya.

0 komentar: