Rabu, 03 Oktober 2012

Dua Assist Messi JAGA Kesempurnaan Barca

Fabregas usai membobol gawang Benfica (Foto: Reuters)LISBON - Barcelona terus melanjutkan kesempurnaan mereka di musim ini. Kemenangan kedelapan di musim ini pun ditorehkan usai membungkam tuan rumah Benfica dengan skor 2-0.

Messi turut berandil dalam kemenangan ini. Megabintang Argentina ini memberikan dua assist yang sukses dikonversi menjadi gol oleh Alexis Sanchez dan Cesc Fabregas. Kemenangan ini sekaligus menjaga rekor 100 persen kemenangan Barca di delapan laga yang mereka mainkan di semua ajang (6 La Liga, 2 Liga Champions).

Laga di Estadio Da Luz, Rabu (3/10/2012) dini hari WIB, langsung berlangsung cepat. Benfica yang diprediksi bakal tampil tertutup justru berani meladeni permainan menyerang dan terbuka Barca.

Di awal laga, skuad The Eagles bahkan mampu memaksa Victor Valdes bekerja keras. Pada menit ketiga, Bruno Cesar melepaskan tembakan keras, namun Valdes masih mampu menepisnya.

Namun, permainan terbuka Benfica justru menjadi sasaran empuk permainan tiki-taka Barca. Di menit keenam, tim asuhan Tito Vilanova sukses membuka keunggulan lewat gol Alexis Sanchez. Winger internasional Chile ini dengan mudah menyontek bola di muka gawang, hasil umpan Lionel Messi di sisi kotak penalti.

Tertinggal, Benfica langsung merespon. Di menit ke-11, Lima berpeluang meenyamakan kedudukan setelah mampu merangsek ke kotak penalti Barca. Sayang, tendangannya masih mampu digagalkan Valdes dengan kakinya.

Barca juga terus menebar ancaman. Pada menit ke-22, Messi nyaris menggandakan keunggulan timnya. Namun, tendangannya menyambut umpan Alexis masih mampu ditepis Artur, kiper Benfica.

Dua menit berselang, giliran Alexis yang punya peluang mencetak gol keduanya. Memanfaatkan umpan jauh, Alexis sukses melepaskan diri dari jebakan offside dan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, namun sayang masih melambung.

Memasuki pertengahan laga, pertarungan berlangsung kian menarik. Baik Barca dan Banfica saling menciptakan peluang. Namun hingga babak pertama usai skor 1-0 untuk keunggulan Barca tetap bertahan.

Memasuki interval kedua laga, Benfica terus menebar ancaman lewat serangan balik, sementara Barca masih memegang penuh kendali permainan.

Barca akhirnya menambah keunggulannya pada menit ke-55. Cesc Fabregas mencatatakan namanya di papan skor usai tendangannya meneruskan umpan Messi gagal diantisipasi Artur. Barca 2, Benfica 0.

Tertinggal dua gol, Benfica tak menyerah. Eduardo Salvio mencoba peruntungannya lewat tendangan melengkung dari luar kotak penalti. Namun, Valdes tampil brilian pada pertandingan kali ini, dan menepis tndangan Slvio.

Pelatih Jorge Jesus yang tak ingin kehilangan malu di hadapan publiknya, memasukkan Pablo Aimar untuk menambah daya dobrak The Eagles. Pengalaman Aimar selama merumput bersama Valencia diharapkan mampu membantu tim membongkar rapatnya pertahanan Barca.

Di tengah saling serang antara kedua kubu, Barca harus kehilangan Carles Puyol.Bukan karena karu merah, namun karena cedera. Puyol yang baru comeback, harus keluar lapangan dengan memegang tangan kirinya, akibat salah mendarat usai berduel udara. Puyol pun terancam absen pada laga El Clasico, akhir pekan ini.

Puyol keluar, Vilanova memasukkan Alex Song untuk mengisi pos di jantung pertahanan. Tak lama berselang, David Villa masuk menggantikan Pedro Rodriguez.

Memasuki 10 menit terakhir laga, Benfica masih terus memberikan perlawanan sengit. Tekanan demi tekanan coba dilakukan Benfica ditengah penguasaan bola yang dominan dari Barca.

Dua menit memasuki akhir waktu normal, Barca harus bnermain dengan 10 pemain menyusul kartu merah yang diterima Busquets. Kartu merah diberikan wasit usai gelandang internasional Spanyol tersebut akibat melanggar Maxi Pereira.

Unggul dalam jumlah pemain, Benfica kian menggencarkan tekanannya. Namun, kurangnya waktu membuat skuad The Eagles gagal mencetak gol dan harus menerima kekalahan 0-2.

Dengan hasil ini, Barca sukses menyalip Celtic yang sebelumnya menundukkan Spartak Moskow 3-2. Barca memuncaki klasemen sementara Grup G dengan raihan sempurna, enam poin dari dua laga atau unggul dua angka dari Celtic di tempat kedua. Sementara Benfica berada di urutan tiga dengan satu poin, diikuti Spartak di dasar klasemen dengan nir-poin.

Susunan Pemain:
Benfica (4-3-3):
Artur; Maxi Pereira, Garay, Jardel, Melgarejo; Bruno Cesar/Carlos Martin (46'), Matic, Perez/Aimar (60'); Salvio, Lima, Gaitan/Nolito (75').

Barcelona (4-3-3): Valdes; Alves, Puyol/Song (78'), Mascherano, Alba; Xavi, Busquets (kartu merah 88'), Cesc/Iniesta (73'); Pedro/Villa (82'), Messi, Alexis. (acf)

0 komentar: